CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 26 Mei 2012

Cara Memasukkan Video Ke Facebook

Mungkin anda memiliki video klip yang ingin kita bagi kepada teman-teman kita di facebook, tetapi anda tidak tahu bagaimana caranya mengunggah / meng-upload video tersebut dari komputer anda ke facebook. Nah sekarang kita coba belajar bagaimana cara mengirim video  secara ‘manual’ (ada cara lain tetapi menggunakan script) ke dalam facebook. Dengan demikian anda bisa berbagi video yang anda miliki kepada teman-teman anda.
Pertama anda klik tanda icon video pada tampilan facebook anda, seperti contoh (dilingkari warna merah) di bawah ini:

Setelah itu akan muncul tampilan berikut, pilih ‘Unggah Video (dilingkari warna merah). Untuk ‘Rekam video’ akan saya jelaskan dalam artikel terpisah.

Kemudian akan muncul pop up (jendela kecil baru) yang memberitahu letak file video yang akan anda upload/unggah. Klik video (klip) yang ingin anda unggah ke facebook, kemudian klik tombol ‘open’ yang terletak di pojok kanan bawah.

Berapakah limit / batas maksimal ukuran dan waktu durasi video yang boleh diunggah? Jawabannya beragam, karena ada yang pernah mengunggah sampai 1024 MB dan 20 menit. Untuk pemula, saya sarankan kepada anda untuk mengunggah video dengan ukuran kecil terlebih dahulu, misalnya 5 MB atau kira-kira 30 detik sampai 3  menit. Besar kecilnya ukuran byte video kadang tergantung kualitas video itu sendiri. Untuk pertanyaan ini coba cek di sini Is there a length limit for videos I want to post to my page? (sebaiknya anda membuka FB anda / sign in terlebih dahulu).
Selanjutnya, beri title atau komentar pada kotak kosong, misalnya: “unta bayar dam”. Kemudian jika anda ingin memilih siapa saja yang bisa membuka video hasil upload-an anda, maka klik icon ‘gembok’ di bagian pojok kanan bawah (lihat gambar di bawah, icon ‘gembok’ dilingkari warna merah) .

Selanjutnya klik icon/tombol ‘Bagikan’ yang berada di sebelah kanan tanda ‘gembok’ tadi. Selanjutnya akan muncul pop-up berikut:
Tunggulah, karena sekarang komputer anda sedang meng-upload file video anda ke facebook. Proses mengunggah/ upload Ini mungkin akan memakan waktu bermenit-menit tergantung koneksi komputer anda ke internet. Besar ukuran byte video anda juga mempengaruhi, semakin sedikit byte anda maka akan semakin cepat juga proses peng-upload-an video.
So semua berjalan mulus, semulus badak, maka video anda akan dinyatakan sukses terunggah. Kira-kira berikut ini tampilannya:

Mudah bukan? Semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar